Klasifikasi Dan Morfologi Ulat Kantong

Klasifikasi dan Morfologi Ulat kantong (Metisa plana Walker)

Klasifikasi Ulat kantong (Metisa plana Walker)

Menurut Borror (1996), adapun klasifikasi ulat kantong adalah sebagai berikut:

Kingdom : Animalia
Phyllum : Artropoda
Class : Insecta
Ordo : Lepidoptera
Family : Psychidae
Genus : Metisa
Species : Metisa plana Walker

Morfologi Ulat kantong (Metisa plana Walker)

Telur baru ulat kantong berwarna kekuningan, diletakkan berkelompok antara 200-300 telur dan tertutup dengan selaput. Telur mempunyai ukuran diameter 200 μm dan panjang 300 μm. Permukaan telur dilapisi oleh lendir. Setelah 5-8 hari inkubasi telur akan menjadi transparan berisi neonat (larva kecil) yang sedang berkembang. Neonat berwarna coklat gelap dengan warna bercak hitan yang berbeda pada bagian tengah (Basri dan Kevan 1995).

Larva memiliki kantong yang dapat dilepas. Rata-rata jumlah neonat yang menetas dari satu kelompok telur adalah berkisar 140-210 neonat. Larva ulat kantong bersifat polifag. Larva dapat merusak jaringan daun sebesar 66.8%. Sekitar 60-90% neonat akan berkembang menjadi larva instar 2. Perbedaan tiap instar larva dapat dilihat dari perbedaan panjang dari kantongnya. Instar 1 panjangnya 1.6 mm, instar 2 panjangnya 4.6 mm, instar 3 panjangnya 5.9 mm, instar 4 panjangnya 9.5 mm, instar 5 panjangnya 11,3 mm, instar 6 panjangnya 13 mm (Rhainds et al., 1995).

Pada masa pupa, larva melekat pada kantong yang berwarna coklat kekuningan. Pupa berukuran 6.1 mm, lebih pendek dari larva. Sex rasio pembentukan imago betina berbanding jantan berkisar antara 10:1 hingga 2:1 (Kok et al., 2011)

Imago M. plana berbentuk ngengat. Imago betina berukuran panjang 5.5 mm dengan diameter 2 mm. Imago jantan berukuran panjang 10-13 mm. Imago betina akan mati beberapa jam setelah mengeluarkan telur dengan jumlah yang
besar pada kantongnya dan imago jantan akan hidup sekitar 3-4 hari. Sayap ulat kantong berwarna kecoklatan dengan tubuh yang berwarna hitam dan memiliki rambut (Rhainds et al., 1995).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!