Habitat Lebah Madu

Habitat Lebah Madu

Lebah madu adalah salah satu serangga yang menguntungkan manusia, terutama karena mampu menghasilkan madu. Di dalam kehidupannya lebah madu seperti organisme lain sangat dipengaruhi oleh lingkungannya, faktor – faktor lingkungan ini meliputi faktor biotik dan abiotik. Faktor lingkungan ini baik secara langsung maupun tidak langsung mempengaruhi aktifitas hidup, keadaan makanan di alam dan perkembangan populasinya (Widhiono 1986).

Daerah penyebaran Apis dorsata hampir sama dengan jenis Apis florea terdapat di Pakistan bagian barat (dan mungkin sebagian Afghanistan) sampai ke India, Sri Langka, Indonesia, dan daerah-daerah Philipina bagian timur. Daerah penyebaran dari Utara-Selatan ditemukan dari sebelah Selatan China sampai Indonesia, tidak terdapat di New Guinea maupun Ausralia (Akratanakul 1986 dalam Yatap 1998).

Menurut Kasno (2001), sebagaimana dengan jenis makhluk hidup yang lain, lebah madu memerlukan syarat untuk dapat menjalankan kehidupannya.

Syarat yang dimaksud adalah :

  • Kondisi fisik/cuaca/iklim dalam kisaran kemampuan tubuhnya untuk bisa menerima kondisi fisik.
  • Tersedianya makanan (nektar dan polen, termasuk air dan udara/gas oksigen) yang memadai dalam arti kuantitas dan kualitas.
  • Tersedianya tempat tinggal yang memadai/tempat bersarang.
  • Suasana yang nyaman dan aman (aman dari ancaman musuh-musuhnya).
Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!