Pengertian Ratu Lebah Madu

Pengertian Ratu Lebah Madu

Ratu merupakan satu-satunya lebah petelur seumur hidup. Setiap koloni lebah biasanya memiliki seekor ratu lebah. Ratu lebah berukuran lebih besar bila dibandingkan dengan lebah jantan dan lebah pekerja. Keistimewaan ratu lebah adalah dapat menyengat berkali-kali tanpa merusak tubuhnya. Ratu lebah mengeluarkan telur yang akan menjadi lebah jantan, lebah pekerja dan kadang-kadang calon ratu. Ratu lebah menerima makanan berupa sari madu dari lebah pekerja muda yang masih bertugas di dalam sarang saja. Ratu merupakan lebah yang sangat dicintai oleh semua anggotanya (Warisno, 1993).

Perkawinan ratu lebah dengan lebah jantan terjadi di alam terbuka dan hanya terjadi dalam satu musim kawin selama hidupnya. Perkawinan antara lebah jantan dan ratu terjadi pada siang hari pada udara yang cerah disaat lebah-lebah beterbangan. Perkawinan biasanya berlangsung di sekitar rumah lebah selama 2-10 hari. Selesai kawin ratu lebah dan lebah jantan yang mengawininya jatuh bersama-sama di tanah, lebah jantan segera mati karena kantong spermanya ikut lepas dalam kantong sperma ratu dan ratu kembali lagi ke sarang. Perkawinan ini terjadi berulang kali hingga ratu lebah telah cukup memperoleh spermatozoa dalam kantong spermanya. Ratu lebah akan tinggal dalam sarang selama-lamanya setelah mengadakan perkawinan kecuali bila terjadi gangguan-gangguan atau diusik. Ratu lebah tersebut akan memisahkan diri dan membentuk koloni lebah baru bila lahir induk lebah baru (ratu baru) dari telur yang menetas. Warna ratu lebah adalah merah tua dan agak kehitam-hitaman (Warisno, 1993).

Ratu lebah selalu diikuti oleh ribuan lebah lainnya, baik lebah jantan maupun lebah pekerja setiap meninggalkan sarangnya. Hal ini disebabkan karena selain ratu merupakan panutan dari seluruh lebah, bunyi kepakan sayapnya saat terbang juga sangat berlainan bila dibandingkan dengan kepakan sayap lebah lainnya. Ratu lebah juga bisa mengeluarkan bau yang spesifik yang dapat menarik lebah-lebah lainnya (Sihombing, 1997).

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!