Klasifikasi Dan Morfologi Jarak Pagar

Klasifikasi Dan Morfologi Jarak Pagar

Jarak pagar (J. curcas) adalah tanaman yang berasal dari Meksiko, Amerika Tengah. Di beberapa negara, jarak pagar disebut physic nut dan purging nut (Inggris), fagiola d’India (Italia), dan di India dikenal dengan nama lokal kananaeranda. Di Indonesia, jarak pagar memiliki berbagai nama daerah seperti nawaih nawas (Aceh), jirak (Sumatra Barat), jarak kosta, jarak budge, dan kalake pagar (Sunda), jarak gundul, jarak cina (Jawa), serta balacai (Manado) (Prihandana dan Hendroko, 2006).

Klasifikasi Tanaman Jarak Pagar

Kingdom : Plantae
Divisi : Spermatophyta
Sub divisi : Angiospermae
Kelas : Dicotyledonae
Ordo : Euphorbiales
Family : Euphorbiaceae
Genus : Jatropha
Spesies : Jatropha curcas L.

Morfologi Tanaman Jarak Pagar

Tanaman ini berupa perdu dengan tinggi 1-7 m dan memiliki percabangan tidak tertentu. Batang berkayu, berbentuk silindris, dan bila terluka mengeluarkan getah. Tanaman ini diperbanyak dengan biji dan stek. Dari biji yang berkecambah akan tumbuh lima akar, yakni sebuah akar tunggang dan empat akar cabang. Sementara itu, bibit yang berasal dari stek tidak mempunyai akar tunggang (Prihandana dan Hendroko, 2006)

Daun tamanan jarak adalah daun tunggal berlekuk dan bersudut tiga atau lima. Helai daunnya bertoreh, berlekuk, dan ujungnya meruncing dengan tulang daun menjari.

Bunganya bertipe majemuk dan berbentuk malai, berwarna kuning kehijauan, dan berumah satu (putik dan benang sari dalam satu tanaman) (Hambali dan Haryadi, 2006).

Buah tanaman jarak pagar berupa buah kotak dan berbentuk bulat telur dengan diameter 2-4 cm. Buah berwarna hijau ketika muda serta abu-abu kecoklatan atau kehitaman ketika masak. Buah jarak terbagi menjadi tiga ruang, masing-masing ruang berisi satu biji sehingga dalam setiap buah terdeapat 3 biji. Biji berbentuk bulat lonjong dan berwarna coklat kehitaman. Biji mengandung minyak dengan rendemen sekitar 30-50 % dan mengandung toksin sehingga tidak dapat dimakan (Hambali dan Haryadi, 2006).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!