Subfamili Kupu-kupu Pieridae

Subfamili Kupu-kupu Pieridae

Kupu-kupu famili Pieridae terdiri atas empat subfamili yaitu:

1. Subfamili Pierinae (kupu-kupu putih)

Kupu-kupu ini biasanya berwarna putih. Terdapat satu rangka sayap humerus yang jelas di sayap belakang dan ruas ketiga palpus labialis yang panjang dan runcing (Borror et al, 1996). Kupu-kupu pieridae hidup di daerah beriklim dingin (Wikipedia, 2009a)

2. Subfamili Coliadinae (kupu-kupu kuning)

Kupu-kupu ini biasanya berwarna kuning. Rangka-rangka sayap humerus di sayap belakang tidak ada, ruas ketiga palpus labialis pendek. Kupu- kupu ini seringkali terdapat di sekitar tempat-tempat air yang berlumpur disepanjang tepi jalan (Borror et al., 1996). Tanaman inang dari kupu-kupu ini adalah dari tanaman kubis-kubisan atau Famili Brassicaceae. Spesies ini dianggap hama karena memakan hasil panen petani. Persebaran kupu- kupu ini meliputi Eropa hingga Asia (Wikipedia, 2009b).

3. Subfamili Dismorphiinae (kupu-kupu neotropika)

Kupu-kupu ini berukuran kecil, sayap biasanya berukuran panjang, sempit dan lemah. Sayap bagian atas lebih kecil dibanding sayap bagian bawah. Tanaman pakan larva dari subfamili ini adalah dari famili fabaceae (Borror et al., 1996).

4. Subfamili Anthocharinae (kupu-kupu ujung oranye)

Kupu-kupu ini biasanya berukuran kecil dan berwarna putih. Bagian bawah sayap bertotol hijau, dari beberapa jenis memiliki sayap berujung orange. Tanaman pakan larva dari subfamili ini adalah krisifera (Borror et al., 1996).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.