Klasifikasi Dan Morfologi Duku

Klasifikasi Dan Morfologi Buah Duku

Duku (L. domesticum) merupakan tanaman buah tropis bertipe iklim basah yang berasal dari Malaysia dan Indonesia (Kalimantan Timur).Dari negara asalnya, duku menyebar ke Vietnam,Myanmar, dan India. Nama lain yang sering digunakan untuk duku L. domesticum adalah Aglaila dooko atau Aglala domesticum (Corr). Duku merupakan tanaman hutan yang pohonnya menjulang tinggi hingga 30m.Tanaman ini tidak besar dan berkayu keras.( Sunarjono.2002)

Klasifikasi Buah Duku

Kingdom : Plantae
Divisi : Spermatophyta
Anak Divisi : Angiospermae
Kelas : Dicotyledoneae
Anak Kelas : Dialypetalae
Bangsa : Rutales
Suku : Meliaceae
Marga : Lansium
Spesies : Lansium domesticum Correa

Nama Asing

Langseh, langsep, lansa (Malaysia); lansones, lanzone, buahan (Filipina); langsad, longkong (Thailand); Ion bon, bon bon (Vietnam), langsak, duku (Burma); gadu, guda (Srilanka) (Putra, 2013).

Nama Daerah

Lansat, lancet (Aceh dan Sumut); lase (Nias); langsek (Minahasa); langsak, lasak, rarsak, rasak (Lampung); lansot, dansot, ranso (Sulawesi Utara); lansa, lase, lese (Sulawesi Selatan); lasat, lasate, lasa (Maluku); langsep, duku, dan dukuh (Jawa) (Putra, 2013).

Morfologi Buah Duku

Duku merupakan salah satu tanaman dari famili Meliaceae dan merupakan tanaman bergetah dengan berupa pohon tinggi yang tegak dan menahun. Buahnya berupa tandan berbentuk bulat atau bulat memanjang. Buah duku yang siap dipanen biasanya kulit buah berwarna kuning kehijau-hijauan dan bahkan telah menjadi kuning keputih-putihan serta buah agak lunak. Tanda-tanda lainnya adalah getah pada kulit buahnya sudah tampak berkurang atau tidak ada getah sama sekali pada kulit buah duku. Tanaman duku diperbanyak dengan biji, biasanya mulai berbunga sekaligus berbuah pada umur tanaman 12 tahun bahkan lebih. Tanaman duku yang pembibitannya secara vegetatif seperti pencangkokan atau sambungan dapat berbuah lebih cepat yaitu pada umur 8 tahun (Mayanti, 2009).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *