Karakteristik Kupu-Kupu Famili Nymphalidae

Karakteristik Kupu-Kupu Famili Nymphalidae

Famili Nymphalidae merupakan salah satu famili yang jumlahnya banyak dan memiliki pola warna sayap yang beragam. Spesies pada famili Nymphalidae memiliki ukuran tubuh sedang hingga besar berkisar antara 25-150 mm. Sayap bagian depan berbentuk hampir segitiga dan sayap bagian belakang memanjang ke depan dan membengkok. Beberapa spesies memiliki ekor pada bagian sayap bawah (Wikipedia, 2013). Famili

Nymphalidae memiliki kemampuan terbang yang cepat dan kuat. Kupu-kupu famili Nymphalidae memiliki sayap yang beraneka warna. Pada umumnya sayap tidak berekor dan memiliki warna coklat, jingga bercampur coklat atau hitam (Landman, 2001). Pada bagian bawah sayap terlihat pudar dan menyerupai daun mati sehingga beberapa spesies memanfaatkannya sebagai bentuk kamuflase untuk menghindari predator. Pada umumnya famili Nymphalidae memiliki penyebaran yang luas dan menyukai tempat seperti hutan, daerah terang, dan ladang (Salmah et al., 2012). Menurut Rahayu dan Adi (2012) habitat hutan karet didominasi oleh kupu-kupu Nymphalidae.

Sumber makanan kupu-kupu Nymphalidae adalah buah-buahan yang busuk disukai subfamili Satyrinae, Morphinae, dan Apaturinae. Bangkai daging seperti kodok disukai subfamili Nyimphalinae dan subfamili Charaxinae. Apaturinae menyukai kotoran dari burung, kotoran babi dan air seni (Mastrigt dan Rosariyanto, 2005).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.