Klasifikasi Dan Morfologi Artemia Salina Leach

Klasifikasi Dan Morfologi Artemia Salina Leach

Artemia (Artemia salina) merupakan pakan bagi Larva udang dan ikan yang banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan pembenihan udang dan ikan (hatchery). Artemia merupakan jenis crustaceae tingkat rendah dari phylum arthropoda yang memiliki kandungan nutrisi cukup tinggi seperti karbohidrat, lemak, protein dan asam-asam amino. Nauplius artemia mempunyai kandungan protein hingga 63 % dari berat keringnya. Selain itu artemia sangat baik untuk pakan ikan hias karena banyak mengandung pigmen warna yang diperlukan untuk variasi dan kecerahan warna pada ikan hias agar lebih menarik (Anderson et al., 1991).

Klasifikasi

Kingdom : Animalia
Phylum : Arthropoda
Class : Crustacea
Subclass : Branchiopoda
Ordo : Anostraca
Family : Artemiidae
Genus : Artemia
Spesies : A. salina Leach.

Morfologi

Artemia salina Leach. dewasa memiliki panjang tubuh umumnya sekitar 8-10 mm bahkan mencapai 20 mm tergantung lingkungan. Tubuhnya memanjang terdiri sedikitnya 20 segmen dan dilengkapi kira-kira 10 pasang phyllopodia pipih, yaitu bagian tubuh yang menyerupai daun yang bergerak dengan ritme teratur. A. salina Leach. dewasa berwarna putih pucat, merah muda, hijau, atau transparan dan biasanya hanya hidup beberapa bulan. Memiliki mulut dan sepasang mata pada antenanya (Pitoyo, 2004).

Telur A. salina Leach. berbentuk bulat berlekuk dalam keadaan kering dan bulat penuh dalam keadaan basah. Warnanya coklat dan diselubungi oleh cangkang yang tebal dan kuat. Cangkang ini berfungsi untuk melindungi embrio terhadap pengaruh kekeringan, benturan keras, sinar ultraviolet dan mempermudah pengapungan (Bougias, 2008).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.