Syarat Tumbuh Rambutan

Syarat Tumbuh Tanaman Rambutan

Iklim

Menurut Mahisworo (2001), umumnya rambutan dapat tumbuh di dataran rendah pada ketinggian antara 300-500 meter di atas permukaan laut, rambutan dapat tumbuh namun pertumbuhannya tidak begitu baik. Curah hujan yang dikehendaki tanaman rambutan berkisar antara 1.500-2.500 mm dan turun merata sepanjang tahun. Ketika berbunga, rambutan membutuhkan 3 bulan kering (kemarau). Musim kering lebih dari 4 bulan akan mengakibatkan bunga yang baru terbentuk gugur. Cahaya matahari berpengaruh terhadap perkembangan buah sejak adanya anthocyanins, yaitu suatu zat yang memberikan warna pada kulit buah mulai muncul. Zat ini sangat intensif terhadap intensitas matahari. Selain itu angin juga berperan dalam penyerbukan bunga.

Tanaman rambutan akan dapat tumbuh berkembang serta berbuah dengan optimal pada suhu sekitar 25 derajat C yang diukur pada siang hari. Kekurangan sinar matahari dapat menyebabkan penurunan hasil atau kurang sempurna (kempes). Kelembaban udara yang dikehendaki cenderung rendah karena kebanyakan tumbuh di dataran rendah dan sedang. Apabila udara mempunyai kelembaban yang rendah, berarti udara kering karena miskin uap air kondisi demikian cocok untuk pertumbuhan tanaman rambutan.

Tanah

Menurut Prihatman (2000), rambutan dapat tumbuh baik pada lahan yang subur dan gembur serta sedikit mengandung pasir, juga dapat tumbuh baik pada tanah yang banyak mengandung bahan organik atau pada tanah yang keadaan liat dan sedikit pasir. Pada dasarnya tingkat atau derajat keasaman tanah (pH) tidak terlalu jauh berbeda dengan tanaman perkebunan lainnya di Indonesia yaitu antara 6-6,7 dan kalau kurang dari 5,5 perlu dilakukan pengapuran terlebih dahulu. Kandungan air dalam tanah idealnya yang diperlukan untuk penanaman pohon rambutan antara 100-150 cm dari permukaan tanah. Pada dasarnya tanaman rambutan tidak tergantung pada letak dan kondisi tanah, karena keadaan tanah dapat dibentuk sesuai dengan tata cara penanaman yang benar (dibuatkan bedengan) sesuai dengan petunjuk yang ada.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *