Probiotik Bagi Hewan Ternak

Probiotik Bagi Hewan Ternak

Probiotik didefinisikan sebagai suatu kultur spesifik dari mikroorganisme hidup seperti bakteri strain Latobacillus, yang memberikan efek-efek menguntungkan pada ternak, serta dapat berfungsi untuk memperbaiki keseimbangan mikrobial didalam saluran pencernaaan ternak. Penggunaan probiotik pada ternak unggas sangat menguntungkan karena dapat menghasilkan zat anti bakteri yang dapat menekan pertumbuhan mikroorganisme yang merugikan (Ritonga, 1992).

Probiotik (starbio) merupakan salah satu produk bioteknologi dalam bidang peternakan yaitu dalam hal pemenfaatan bakteri alami dalam pakan ternak. Probiotik merupakan mikroba yang mempunyai pengaruh menguntungkan bagi ternak (Tambawun, 1985). Probiotik adalah mikroorganisme hidup dan substansi hidup yang dapat mendukung keseimbangan mikroba dalam saluran pencernaan (Parker, 1974).

Zainuddin dan kawan-kawan (1994) menyatakan bahwa starter mikroba atau starbio adalah hasil bioteknologi yang dibuat dari koloni alami kecil mikroba rumen sapi yang dicampur dengan akar rumput, daun, dan dahan pohon-pohon. Koloni tersebut memiliki mikroba yang spesifik dengan fungsi yang berbeda-beda seperti pencerna lemak (Cellulomonas, Clostridium thermocellulosa), lignolitik (Agricus coprinus), dan proteolitik (Klebsiella brasiliensis).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.