Morfologi Daun Ketapang

Morfologi Daun Ketapang

Daun lengkap merupakan daun yang terdiri atas upih daun (vagina), tangkai daun (petiolus) dan helaian daun (lamina). Sedangkan Terminalia cattapa L disebut daun yang tidak lengkap karena daunnya hanya terdiri atas helaian daun (lamina) dan tangkai daun (petiolus).

Daun ketapang memiliki bentuk tangkai daun seperti bentuk tangkai daun tumbuhan pada umumnya, yaitu berbentuk silinder dengan sisi agak pipih dan menebal pada pangkalnya. Untuk helaian daunnya, daun Terminalia cattapa L dapat dideskripsikan sebagai berikut:

Bentuk Daun (circumscriptio)

Jika daun digolongkan berdasarkan letak bagian yang terlebar, maka daun Terminalia cattapa L termasuk dalam daun dengan bagian terlebar terdapat di atas tengah-tengah helaian daun dengan bentuk bangun daun bulat telur sungsang (obovatus), yaitu seperti bulat telur tetapi bagian yang terlebar terdapat dekat ujung daun (Aquaworld, 2006).

Ujung Daun (apex folii)

Bentuk ujung daun yang dimiliki Terminalia cattapa L adalah tumpul (obtusus), yaitu tepi daun yang semula agak jauh dari ibu tulang, cepat menuju ke suatu titik pertemuan hingga terbentuk suatu sudut yang tumpul (Aquaworld, 2006).

Pangkal Daun (basis folii)

Tidak berbeda dengan ujung daunnya, pangkal daun Terminalia cattapa L memiliki bentuk yang tumpul (obtusus). Dengan bentuk seperti daun pada tumbuhan jenis lain kebanyakan. Pangkal daun terletak dekat dengan ibu tulang, cepat menuju ke suatu titik pertemuan hingga terbentuk suatu sudut yang tumpul (Aquaworld, 2006).

Susunan Tulang Daun

Melihat arah tulang-tulang cabang yang besar pada helaian daun, maka berdasarkan susunan tulangnya, Terminalia cattapa L tergolong daun yang bertulang menyirip (penninervis), yaitu daun yang mempunyai satu ibu tulang yang berjalan dari pangkal ke ujung dan merupakan terusan tangkai daun (Aquaworld, 2006).

Tepi Daun (Margo folii)

Secara garis besar tepi daun dibedakan menjadi 2, yaitu tepi daun yang rata dan tepi daun yang bertoreh. Tepi daun Terminalia cattapa L sendiri memiliki tepi daun yang rata (Aquaworld, 2006).

Daging Daun (Intervenium)

Daging daun merupakan bagian daun yang terdapat diantara tulang-tulang daun dan urat-urat daun. Terminalia cattapa L memiliki daging daun yang seperti perkamen, yaitu tipis tetapi cukup kaku (Aquaworld, 2006).

Warna Daun dan Permukaan Daun

Daun Terminalia catappa L berwarna hijau. Namun pada musim kemarau atau gugur warnanya berubah ada yang berwarna kuning kecoklatan ada pula yang berwarna merah kecoklatan. Sedangkan pada permukaan daun pada setiap tumbuhan tidak selalu sama, untuk Terminalia cattapa L sendiri, permukaan daunnya licin atau disebut juga laevis (Aquaworld, 2006).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.