Kebutuhan Nutrisi Ayam Broiler

Kebutuhan Nutrisi Ayam Broiler

Kebutuhan protein hidup pokok secara praktis didefenisikan sebagai jumlah protein endogen ditambah dengan protein cadangan (protein reserves) untuk pembentukan antibodi, enzim, hormon serta untuk mempertahankan jaringan bulu dan bobot badan tetap. Metoda pengukurannya adalah dengan, (1) mengukur besarnya retensi nitrogen yang diperlukan untuk protein cadangan pada keadaan tidak berproduksi, dan rontok bulu atau (molting); (2) mengukur nitrogen endogen. Keduanya diukur pada saat kebutuhan energi metabolis basal terpenuhi. Tahap pertama memerlukan ransum yang diketahui tepat kandungan nitrogennya dan tahap kedua ransumnya bebas protein (Amrullah, 2003).

Nilai energi neto dari bahan makanan merupakan nilai yang tinggi, akan tetapi sayang, nilai ini tidak tetap. Nilai ini berbeda untuk setiap penggunaan bahan makanan. Jadi kita mempunyai energi neto untuk hidup pokok dan mempunyai energi neto yang berbeda untuk produksi, meskipun yang akhir ini bergantung kepada tujuannya, apakah untuk produksi jaringan tubuh atau telur. Ini sangat bervariasi dengan kecepatan pertumbuhan, keaktifan hewan, dan temperatur lingkungan. Determinasi energi produktif memerlukan formulasi ransum yang hati-hati, data konsumsi dan pertambahan berat badan, dan analisa secara terperinci dari ransum dan karkas. Pertambahan berat badan saja yang diketahui tidak cukup karena disebabkan oleh variasi-variasi dalam komposisi karkas (Wahju, 1991).

Protein berguna untuk membentuk jaringan tubuh, memperbaiki jaringan yang rusak, untuk keperluan berproduksi dan kelebihannya akan diubah menjadi energi. Sumber protein adalah tepung ikan, jagung, bungkil kedelai dan lain-lain.

Karbohidrat berguna sebagai sumber energi melakukan aktivitas tubuh, misalnya: berjalan, tahan terhadap dingin dan penyakit. Sumber karbohidrat adalah jagung, bungkil kedelai dan kedelai dan lain-lain. Fungsi lemak adalah adalah sumber energi, pelarut vitamin A, D, E, dan K. Sumber lemak adalah bekatul, bungkil kacang dan lain-lain. Mineral berguna untuk pertumbuhan, pembentukan tulang, metabolisme. Mineral adalah Ca, NaCl, Fe, Mg dan P. Sumber mineral adalah kapur, tepung kerang (AAK, 1982).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.