Klasifikasi Dan Morfologi Buah Naga

Klasifikasi Dan Morfologi Buah Naga Super Merah

Tanaman buah naga super merah yang buahnya berwarna merah menyala dan bersisik hijau memang belum lama diusahakan di Indonesia. Hal tersebut disebabkan karena tanaman ini merupakan pendatang baru bagi dunia pertanian Indonesia dan melengkapi koleksi jenis tanaman yang diusahakan. Pengembangan tanaman buah naga sangat mungkin dilakukan karena cocok
dibudidayakan di daerah tropis. Daerah asal kaktus hutan yang buahnya berwarna merah dan bersisik ini adalah Meksiko, Amerika Tengah, dan Amerika Utara. Di daerah asalnya tersebut buah naga atau dragon fruit ini dinamai pitahaya atau pitaya roja (Kristanto, 2008).

Klasifikasi Tanaman Buah Naga

Menurut Heyne (1987), kedudukan buah naga super merah dalam taksonomi tumbuhan secara lengkap adalah sebagai berikut:

Kerajaaan : Plantae
Divisi : Magnoliophyta
Kelas : Magnoliopsida
Bangsa : Caryophyllales
Suku : Cactaceae
Marga : Hylocereus
Spesies : Hylocereus costaricensis

Morfologi Tanaman Buah Naga

Akar

Perakaran tanaman epifit, yaitu merambat dan menempel pada batang tanaman lain. Namun, dalam pembudidayaan, media untuk merambatkan batang tanaman buah naga ini digantikan dengan tiang penopang atau kawat.

Batang

Batang tanaman buah naga mengandung air dalam bentuk lender dan berlapis lilin jika sudah dewasa warnanya hijau kebiru-biruan. Batang tersebut berukuran panjang dan bentuknya siku atau segitiga, dari batang dan cabang tumbuh duri-duri keras sekitar 4-5 buah (Kristanto, 2008).

Daun

Secara morfologis, tanaman buah naga termasuk tanaman tidak lengkap karena tidak memiliki daun.

Bunga

Bunga buah naga berukuran besar dengan panjang sekitar 27,5 cm, tergantung spesies dan mekar saat malam hari. Kelopak terluar bunga buah naga super merah berwarna kuning dan mengeluarkan wangi yang kuat, serta kelopak bagian dalam bunga berwarna putih bersih dengan panjang bunga sekitar 29 cm.

Buah

Buah naga merah memiliki diameter 10-15 cm dengan berat 250-600 gram. Bentuk buah bulat telur dan ditutupi dengan kulit seperti sisik yang bervariasi dalam ukuran, tekstur daging buah menyenangkan dan memiliki banyak biji hitam yang dapat dikonsumsi (La Bellec dkk., 2006).

 

Loading...
Loading...

2 tanggapan untuk “Klasifikasi Dan Morfologi Buah Naga

  • Maret 30, 2018 pada 4:35 pm
    Permalink

    Thanks buat referensinya dari (La Bellec dkk., 2006)… Sangat membantu untuk Tugas Akhir saya

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *