Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Sawi

Klasifikasi Dan Morfologi Sawi

Klasifikasi Tanaman Sawi

Klasifikasi sawi dalam (Rukmana, 2002) sebagai berikut :

Kingdom: Plantae
Divisi : Spermatophyta
Kelas : Angiospermae
Sub-kelas : Dicotyledonae
Ordo : Papavorales
Famili : Brassicaceae
Genus : Brassica
Spesies : Brassica juncea L.

Morfologi Tanaman Sawi

Akar

Tanaman sawi memiliki sistem perakaran tunggang dan bercabang-cabang, berbentuk bulat panjang. Cabang akar menyebar kesegala arah. Akar primer tumbuh tegak kedalam tanah hingga kedalaman 30-50 cm. Akar pada sawi berperan penting dalam menyerap hara dan air dari dalam tanah serta memperkokoh berdirinya tanaman.

Batang

Batang sawi sangat pendek dan berruas-ruas, sangking pendeknya batang sawi hampir tidak terlihat. Batang berbentuk pipih dan memiliki daun halus. Batang ini berfungsi untuk menopang daun.

Daun

Daun sawi berbentuk bulat dan lonjong, berwarna hijau muda sampai hijau tua, permukaan daun lebar dan tidak memiliki bulu, dan bertangkai. Warna tangkai daun putih sampai kehijauan, ada yang panjang dan pendek, ada yang sempit dan lebar, strukturnya halus dan kuat.

Bunga

Bunga tanaman sawi tumbuh memanjang dan memiliki percabangan yang banyak. Warna bunga kuning cerah, memiliki empat mahkota dan kelopak bunga, terdapat empat helai benang sari dan satu helai putik bercelah dua.

Buah dan biji

Tanaman sawi memiliki buah berbentuk bulat sampai lonjong, berwarna putih sampai kehijauan. Buah mengandung biji berjumlah 2-8 butir.

Biji sawi berwarna coklat hingga kehitaman, berbentuk bulat, bertekstur keras, licin, mengkilap dan berlendir, serta berukuran kecil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *